You are currently viewing Pulau Kundur

Pulau Kundur

Saya lahir dan besar di sebuah pulau di kabupaten karimun, provinsi Kepulauan Riau (Kepri), lebih tepat nya di sebuah desa bernama urung. Pulau kundur tidaklah terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil, pulau kundur terdiri dari 3 kecamatan yaitu diantaranya kecamatan kundur, kecamatan kundur barat dan kecamatan kundur utara. Orangtuaku beserta saudara-saudara kandungku juga lahir dan tumbuh di pulau kundur.

Pulau kundur adalah sebuah pulau yang tentram, dimana warga-warga di pulau kundur menjunjung tinggi kekeluargaan dan sifat teloransi antar umat sangat baik. Sebagian besar daerah di pulau kundur dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, tempat wisatanya juga ada beberapa yang terkenal di warga setempat diantaranya seperti pantai lubuk, pantai timun, bukit tas dll.

Asal usul nama pulau kundur sendiri banyak ceritanya beberapa yang pernah saya dengar diantaranya, yang pertama ada yang mengatakan nama pulau kundur ada dikarenakan pulaunya berbentuk seperti buah kundur, sehingga dinamakan oleh warga setempat pulau kundur, ada juga yang mengatakan asal usul nama Pulau Kundur diantaranya adalah nama Kundur berasal dari nama sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah barat dan berdekatan dengan pulau Timun. Ada juga lagi yang mengatakan bahwa pada zaman dahulu pulau tersebut ditanami banyak ditanami buah kundur. Itulah beberapa ssejarah asal usul nama pulau kundur yang saya ketahui.

Kemudian di pulau kundur juga terkenal oleh penghasilan nanas dan duriannya, bahkan di urung (nama desa di pulau kundur) di bangun sebuah tugu nanas di persimpangan sebagai ikonik dari urung tersebut, kemudian penghasilan musiman durian di pulau kundur juga terkenal, bahkan penghasilan perhari ketika musimnya mencapai ribuan kilo dan hasilnya juga ada yang di kirim ke pulau-pulau yang ada di sekitar pulau kundur seperti pulau batam, tanjung balai karimun, pulau moro, dan beberapa lagi. Bahkan ada yang mengadakan wisata ke pulau kundur untuk makan durian dan jalan-jalan ke kebun duriannya, dan ada juga wisatawan yang berasal dari singapore untuk makan durian di pulau kundur.

hendriyanto

Mahasiswa Telkom University jurusan S1 Teknik Elektro 2018

This Post Has One Comment

  1. A WordPress Commenter

    Hi, this is a comment.
    To get started with moderating, editing, and deleting comments, please visit the Comments screen in the dashboard.
    Commenter avatars come from Gravatar.

Leave a Reply